Welcome Message

Kata Sambutan

Program Studi Ilmu Komputasi adalah program studi yang mengembangkan pemahaman matematika dan sains melalui teknik simulasi untuk memperoleh pengetahuan secara langsung dari bidang-bidang tersebut melalui penerapan teknologi komputer. Program Studi Sarjana Ilmu Komputasi merupakan salah satu dari program studi yang ada di Fakultas Informatika Universitas Telkom. Program studi Ilmu Komputasi didirikan pada awal tahun 2009 di bawah Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom berdasarkan Keputusan Direktorat Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 90/D/T/2009 tanggal 21 Januari 2009. Sehubungan dengan transformasi Institut Teknologi Telkom menjadi Universitas Telkom, mulai bulan April 2014, pengelolaan Program Studi Ilmu Komputasi berubah menjadi di bawah Fakultas Informatika Universitas Telkom.

Ilmu komputasi merupakan bidang keilmuan dengan fokus kajian yang sangat luas, mulai dari sains, teknik bahkan sosial. Program Studi Sarjana Ilmu Komputasi di Fakultas Informatika Universitas Telkom memfokuskan kajian pada Computational Mathematics, Computational Experiment, dan Parallel Computing. Ada tiga isu terkait hal diatas: (i) bagaimana menyelesaikan permasalahan nyata dengan pendekatan komputasi melalui pemodelan, (ii) bagaimana membangun algoritma yang efisien untuk menyelesaikan masalah komputasi dan (iii) bagaimana menyelesaikan masalah komputasi yang kompleks dengan pendekatan komputasi kinerja tinggi (High Performance Computing).

Ada tiga buah Wildly Important Goal (WIG) yang akan dicapai sampai tahun 2018

  1. Akreditasi : Minimum A standar BAN Dikti
  2. Riset : Memiliki pusat kajian komputasi keuangan (center for computational finance) yang didukung oleh infrastruktur komputasi berskala besar.
  3. Fasilitas : Memiliki sumber daya manusia dan dukungan fasilitas untuk keperluan komputasi kinerja tinggi (High Performance Computing) yang dapat bersaing di tingkat nasional.