porno

Profil

Capture2-e1403593556352

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah berkembang sangat pesat, dan akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi komputer dan efesiensi dalam penggunaannya. Efesiensi dilakukan dengan cara mengoptimalkan proses komputasi  baik dari sisi model, algoritma maupun arsitektur komputernya. Pemodelan dan teknik komputasi dapat digunakan untuk memecahkan berbagai persoalan dalam dunia nyata.

Beberapa definisi tentang Ilmu Komputasi dari yang kami dapatkan dari literature :

Computational science and engineering (CSE) is an interdisciplinary field that applies the
techniques of computer science and mathematics to solving physical, biological, and engineering problems. CSE emerged as a discipline with the advent of supercomputers in the 1970s. Today, the methods of CSE can also be used with cost-effective PCs and workstations making them available to a large number of scientists and engineers studying complex events [2]

Computational science is a rapidly growing multidisiplinary field that uses advanced computing capabilities to understand and solve complex problems. Computational Science fuses three distinct elements[3] :
•    Algorithms (numerical and non-numerical) and modeling and simulation sodtware developed to solve science, engineering, and humanities problems
•    Computer and information science that developes and optimizes the advanced system hardware, software, networking, and data management components needed to solve computationally demanding problems
•    The computing infrastructure thet support both the science and engineering problem solving and developmental computer and information science

Visualisasi dari definisi ini dapat dilihat pada gambar 1.

Perkembangan kebutuhan komputasi tingkat tinggi, untuk saat ini semakin pesat, seiring semakin kompleksnya permasalahan di dunia industri. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan dalam pemodelan dan perancangan sisitem komputasi kinerja tingkat tinggi. Indonesia sebagai negara yang memiliki SDM dengan jumlah yang sangat besar sudah selayaknya ikut mengikuti perkembangan teknologi ini, dan bukan sekedar sebagai pengguna saja.
Upaya untuk mengurangi kesenjangan dalam penguasaan TIK dibanding dengan negara lain harus segera dilakukan. Salah satu cara yang dapat dilaksanakan adalah dengan menyediakan bidang pendidikan yang sesuai. Untuk itu, diperlukan suatu program studi yang khusus berkecimpung pada bidang ilmu komputasi, yang idealnya melingkupi semua aspek yang telah disebut di atas. Ilmu komputasi merupakan sebuah studi yang mengkombinasikan ilmu komputer dan matematika untuk memperoleh penyelesaian yang efesien dari masalah nyata.

Ilmu Komputasi

Visualisasi  dari Definisi Ilmu Komputasi (sumber : Computational Science : Ensuring America’s Competitiveness, Report to the President, President’s Information Technology Advisory Committee, June 2005)

Melalui studi kelayakan yang cukup mendalam, IT Telkom mengusulkan pendirian Program Studi S1 Ilmu Komputasi. Kurikulum Program Studi Ilmu Komputasi meliputi penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan suatu masalah.
Dengan mempertimbangkan kepentingan pasar tenaga kerja, Program Studi ini akan memberikan bekal kepada mahasiswa wawasan dan keahlian yang dibutuhkan yaitu : membuat model dari masalah pada dunia nyata terutama pada bidang TIK,  mendesain algoritma untuk model-model ini dan mensimulasikannya, melakukan optimasi dalam proses komputasi maupun pengolahan data, serta dapat system komputasi berkinerja tinggi.  Lulusan Program Studi ini diharapkan menjadi tenaga ahli yang mampu menangani ilmu komputasi secara profesional dan berwawasan teknologi informasi yang mendalam.

 

Download Profil as PDF


Copyright - 2013 Telkom University